Inilah Cara Memilih Sepeda Road Bike yang Berkualitas Tinggi

Salah satu olahraga yang turut berperan penting dalam menyehatkan tubuh adalah bersepeda. Ada banyak sekali jenis sepeda yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mendukung aktifitas ini. Sepeda road bike menjadi jenis sepeda terfavorit yang belakangan ini banyak dicari oleh para bikers. Road bike atau biasa disebut sepeda balap memang memberikan banyak keunggulan. Diantaranya dari segi ketangkasan, efisiensi dan kecepatan saat digunakan. Langkah pertama sebelum terjun ke dunia bersepeda adalah harus memilih sepeda yang tepat supaya kegiatan bersepeda Anda dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Sepeda balap atau road bike terdiri dari rangka badan dan beberapa komponen lain yang terbilang ringan saat digunakan. Karakteristik ringan tersebut memang sengaja ditujukan untuk para penggunanya supaya saat dipakai sepeda ini bisa lebih cepat dan efisien. Meskipun sepeda balap biasanya memiliki stang yang datar namun, sepeda jenis road bike ini justru memiliki desain stang yang melengkung kebawah. Komponen ban dan rantainya juga terbilang lebih tipis. Berbeda dengan sepeda pada umumnya, road bike tidak memiliki suspensi baik dibagian depan maupun belakang. Akan tetapi sepeda jenis ini cocok untuk dipakai pria maupun wanita dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Lalu bagaimana cara memilih sepeda balap jenis road bike yang berkualitas tinggi namun, bisa nyaman saat digunakan, simak ulasan berikut ini.

1. Menentukan tipe sepeda.
Sebelum membeli sepeda jenis road bike ini, ada baiknya jika Anda menentukan tipe sepeda yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan atau kegitan yang akan Anda lakukan. Misalkan saja jika Anda ingin menggunakannya untuk lomba akan lebih baik jika Anda memilih tipe race bike, namun jika hanya untuk sekedar hobi saja sportive bike dapat menjadi pilihan yang tepat.

2. Material rangka dan fork sepeda.
Dua komponen ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja keseluruhan sepeda road bike. Biasanya road bike standar akan memiliki rangka yang terbuat dari logam, namun jika budget Anda mencukupi akan lebih baik lagi jika Anda memilih sepeda yang komponen fork nya terbuat dari karbon. Karbon memiliki karakteristik yang sangat ringan, jadi semakin banyak karbon, maka akan semakin baik. Selain ringan, karbon juga kuat dan dapat meredam banyak getaran saat Anda bersepeda.

3. Groupset.
Anda harus lebih teliti saat memilih groupset pada sepeda balap yang akan Anda beli. Karena komponen ini memiliki fungsi yang sangat vital yaitu bagian persneling dan pengereman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek dengan teliti terlebih dahulu sebelum menentukan jenis road bike mana yang akan Anda beli.

4. Ukuran sepeda.
Dengan mengetahui terlebih dahulu ukuran sepeda balap yang cocok untuk Anda, maka aktifitas bersepeda balap maupun santai akan jadi lebih nyaman nantinya. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran standar setiap merek sepeda biasanya akan memiliki karakteristik dan desain yang berbeda-beda, jadi akan lebih baik Anda benar-benar memastikan apakah ukuran sepeda yang akan Anda beli sudah pas atau belum.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, maka sudah pasti Anda bisa memilih sepeda road bike yang tepat dan memiliki kualitas tinggi. Sesuaikan budget yang Anda miliki dengan sepeda yang akan Anda beli, biasanya sepeda jenis road bike yang memiliki fitur dan spesifikasi tinggi akan dibanderol dengan harga yang terbilang mahal dan begitu juga jenis sepeda balap dengan fitur standar, maka sudah pasti harganya akan lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *